HUBUNGAN PENERAPAN KADARZI DENGAN STATUS GIZI BALITA 1-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NIPAH

ELI MARSUNI, 113422054 (2024) HUBUNGAN PENERAPAN KADARZI DENGAN STATUS GIZI BALITA 1-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NIPAH. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of Skripsi Eli Marsuni.pdf] Text
Skripsi Eli Marsuni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI ELI MARSUNI S1 kebidanan.pdf] Text
NASKAH PUBLIKASI ELI MARSUNI S1 kebidanan.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Kekurangan gizi diperkirakan menjadi penyebab utama dari 3,1 juta kematian anak setiap tahun Penanganan yang dilakukan oleh Kemenkes pada balita dengan status gizi kurang dimana salah satu komponen utamanya adalah perbaikan gizi masyarakat melalui keluarga dengan menerapkan perilaku keluaraga sadar gizi (KADARZI).
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan hubungan kadarzi dengan status gizi balita 1-5 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Nipah.
Metode: Jenis penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua balita yang terdapat di Dusun Nipah 2 di puskesmas Nipah yaitu sebanyak 60 balita. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Jumlah sampel sebanyak 60 reponden. Analisa data menggunakan uji chi square.
Hasil: Penerapan KADAZI diWilayah Kerja Puskesmas Nipah sebagian besar tidak menerapkan yakni sebanyak 43 orang (71,7%). Status gizi balita berada pada kategori normal yakni sebanyak 33 orang (55%). Hasil uji chi square didapatkan nilai p 0,008 (p<0,05).
Kesimpulan: Ada hubungan antara penerapan KADARZI dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Nipah dengan nilai p 0,008 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kebidanan > Perkembangan Anak (Balita)
Divisions: Prodi S1 Pendidikan Bidan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:13
Last Modified: 01 Aug 2024 03:13
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item
View Item