PENGARUH METODE BELAJAR BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN PADA MATAKULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI STIKes HAMZAR LOMBOK TIMUR

SUPRIADI, 113119026 (2023) PENGARUH METODE BELAJAR BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN PADA MATAKULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI STIKes HAMZAR LOMBOK TIMUR. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (270kB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan merupakan upaya proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap peserta didik. Proses pembelajaran yang terencana dan berjalan dengan baik akan memudahkan dan membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat diraih, Prestasi belajar adalah kemampuan-kemampuan yang di peroleh peserta didik setelah pembelajaran, prestasi belajar dapat ditunjukan dari nilai tes yang di berikan oleh dosen pada peserta didiksetelah terjadinya suatu proses pembelajaran
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Blended Leanring terhadap prestasi belajar mahasiswa Keperawatan pada matakuluah keperawatan Medikal Bedah (KMB 1)
Metode: Jenis penelitian yang digunakan yakni Kuantitatif, dengan desain Retrosfektif, Retrosfektif, dengan mengunakan daftar nilai mahasiswa keoerawatan semester 3 angkatan 2019/2020 dan semester 3 angkatan 2020/2021. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan STIKes Hamzar sebanyak 58 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adala total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji nidependen t-test
Hasil: Jumblah mahasiswa yang mendapatkan nilai A, yang mengunakan blenden learning yaitu 3 responden sedangkan yang mendapatkan nilai B sebanyak 30 responden dan tidak adayang mendapatkan nilai Cdan D, sedangkan mahasiswa yang non blended learning yang nilai 4,sebanyak 4 tesponden yang mendapatkan nilai B 19 responden yang mendapatkan nilai C 1 oreng dan yang mendapatkan nilai d 1 reponden, penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji statistik dengan uji independen t-test diperoleh nilai p-vaule sig yaitu 0,003 atau p vaule <0,05 hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan: Peneliti ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode belajar blended learning terhadap prestasi belajar mahasiswa keperawatan pada matakuliah keperawatan medikal bedah, (KMB 1)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keperawatan > Komunikasi Keperawatan
Divisions: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:08
Last Modified: 27 Sep 2023 07:08
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item
View Item