Mia Sopiani, 113419005 (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG GIZI PENCEGAHAN KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) DI SMAN 1 WANASABA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version
Download (313kB)
MIA SOPIANI 113419005.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Latar Belakang: KEK merupakan keadaan dimana remaja putri mengalami kekurangan gizi (kalori dan protein) yang berlangsung lama atau menahun dengan Lingkar Lengan Atas <23,5 cm. Salah satu kelompok rawan gizi yang menjadi sasaran program penanggulangan masalah gizi adalah wanita khususnya pada remaja putri, karena kelompok ini sangat menentukan kualitas generasi yang akan datang.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja putri tentang gizi pencegahan Kekurangan Energi Kronik (KEK) di SMAN 1 Wanasaba.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Pre-Eksperimen yaitu eksperimen dengan desain yang belum termasuk eksperimen yang sesungguhnya. Desain yang digunakan didalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel 111 orang remaja putri yang diambil dengan non probability sampling yaitu menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dengan media PPT.
Hasil: Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang gizi pencegahan KEK terhadap tingkat pengetahuan pretest-posttest remaja putri di SMAN 1 Wanasaba yaitu dengan nilai p-value 0,000 (p <0,05).
Kesimpulan: Media PPT berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan remaja putri tentang Gizi Pencegahan Kekurangan Energi Kronik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Kebidanan > Kesehatan Reproduksi Kebidanan > Praktik Kebidanan |
Divisions: | Prodi S1 Pendidikan Bidan |
Depositing User: | S.IP. Abdul Mutaal Hakim |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 04:16 |
URI: | http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/768 |