ALIFIA PERMANA ZAHARA, 1305MK514 (2017) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG IRNA II RSUD KOTA MATARAM. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.
ALIFIA PERMANA ZAHARA_1305MK514.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Zahara, Alifia Permana. 2017. Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS di Ruang IRNA II RSUD Kota Mataram. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar Lombok Timur. Bimbingan Ns. Nandang DD Khaerari, S. Kep., MAN. sebagai pembimbing I., dan Ns. Zahratul Aeni, S.Kep., MARS. sebagai pembimbing II.
Pembangunan kesehatan merupakan upaya seluruh potensi bangsa Indonesia baik masyarakat, maupun pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satu diantaranya yang dipandang mempunyai peranan yang cukup penting yakni penyelenggaraan pelayanan keperawatan. Pelayanan tersebut haruslah tetap menerapkan prinsip etika dasar, salah satunya prinsip justice (keadilan). Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 3 April 2017 di IRNA II RSUD Kota Mataram terhadap 5 pasien BPJS dan 5 pasien non BPJS mengenai kepuasan terhadap pelayanan keperawatan yang diterima secara umum, diperoleh hasil 3 orang pasien BPJS mengatakan cukup puas dengan pelayanan keperawatan yang diterima, dan 2 orang pasien BPJS mengatakan puas dengan pelayanan keperawatan yang diterima. Sedangkan, dari pasien non BPJS diperoleh hasil 1 orang pasien mengatakan cukup puas, dan sebanyak 4 orang pasien mengatakan cukup puas dengan pelayanan keperawatan yang diterima. Hasil studi pendahuluan tersebut menunjukan adanya sedikit perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan non BPJS yang mendapat pelayanan keperawatan di IRNA II RSUD Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian causal-komparatif dengan menggunakan rancangan operasional cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara Quota Sampling dengan jumlah responden 60 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuisioner pada bulan Juli 2017. Analisa data menggunaka analisa mann whitney u test. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil nilai signifikan hasil p = 0.690 (p > 0.05). Kesimpulannya, tidak terdapat perbadingan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS di IRNA II RSUD Kota Mataram yang berarti pelayanan keperawatan yang diberikan sama baik kepada pasien BPJS maupun non BPJS.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Pasien BPJS, Pasien non BPJS, Pelayanan Keperawatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Keperawatan > Kepatuhan Perawat |
Divisions: | Prodi S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | S.IP. Abdul Mutaal Hakim |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:20 |
URI: | http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/489 |