HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK BEROBAT KEMBALI KE PUSKESMAS SIGERONGAN TAHUN 2017

AHMAD MADANI, 1305MK513 (2017) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK BEROBAT KEMBALI KE PUSKESMAS SIGERONGAN TAHUN 2017. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of AHMAD MADANI_1305MK513.pdf] Text
AHMAD MADANI_1305MK513.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy

Abstract

Madani, Ahmad. 2017. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Masyarakat Untuk Berobat Kembali Ke Puskesmas Sigerongan Tahun 2017. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar. Bimbingan Drs. H. Sahar, SH.,MM sebagai pembimbing I, dan Ns. H. Rusman, S.Kep. sebagai pembimbing II.

Kualitas pelayanan kesehatan adalah kualitas yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang dapat memberikan kepuasan kepada setiap pasien yang tata cara pelaksanaannya sesuai dengan standar kode etik profesi yang sudah ditetapkan. Tingkat kepentingan konsumen terhadap jasa yang akan mereka terima dapat dibentuk berdasarkan pengalaman dan saran yang mereka peroleh. Dan setelah menikmati jasa tersebut mereka cenderung akan membandingkan dengan yang mereka harapkan. Bila jasa yang mereka nikmati ternyata berada jauh dibawah jasa yang mereka harapkan, para konsumen akan kehilangan minat terhadap pemberi jasa tersebut. Sebaliknya, jika jasa yang mereka nikmati memenuhi atau melebihi tingkat kepentingan, mereka akan cenderung memakai kembali produk jasa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap minat masyarakat untuk berobat kembali ke Puskesmas Sigerongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Survey Cross Sectional dengan populasi sebanyak 150 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling dengan sampel sebanyak 97 responden. Instrument pengambilan data menggunakan kuesioner dan setelah terkumpul data dianalisa dengan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan terdapat 81 responden (83,5%) mengatakan kualitas pelayanan baik, sedangkan 16 responden (16,5%) mengatakan kualitas pelayanan cukup baik. Mayoritas responden sebanyak 93 responden (95,9%) berminat untuk berobat kembali di Puskesmas Sigerongan, sedangkan 4 orang responden (4,1%) tidak berminat untuk berobat kembali ke Puskesmas Sigerongan. Berdasarkan uji chi-square didapatkan p-value 0,000 < α 0,05 yang artinya terdapat Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Masyarakat Untuk Berobat Kembali ke Puskesmas Sigerongan.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Minat Berobat Kembali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keperawatan > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:45
Last Modified: 21 Feb 2023 01:45
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item
View Item