PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA DI SMPN 2 SIKUR

LALU PUGUH WIRA BAKTI, 13118016 (2022) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA DI SMPN 2 SIKUR. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of LALUPUGUHWIRABAKTI_113118016.pdf] Text
LALUPUGUHWIRABAKTI_113118016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Game online adalah permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh jaringan internet. Game online memiliki dampak positif yaitu bisa meningkatkan keterampilan fisik dan juga kemampuan intelektual dan fantasi pada siswa. Dampak negatif game online bagi siswa yaitu waktu untuk belajar akan terbuang sia-sia dan siswa menggunakan waktu luang hanya untuk bermain sehingga dapat menyebabkan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa menurun. Motivasi belajar adalah hal yang sangat penting dalam peningkatan prestasi belajar. Asumsi yang diperoleh dalam motivasi belajar dapat dilihat dari prestasi belajar dan aspek kognitif siswa.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa di SMPN 2 Sikur.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif korelasional dengan desain cross-sectional study. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Stratified random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 110 siswa yang bermain game online di SMPN 2 Sikur kelas 7 dan 8.
Hasil: Berdasarkan uji statistik korelasi rank spearman hubungan intensitas bermain game online dengan motivasi belajar didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,090 > 0,05.dan hubungan intensitas bermain game online dengan prestasi siswa didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,629 > 0,05 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian disimpulkan tidak ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan motivasi belajar dan prestasi siswa di SMPN 2 Sikur.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil tersebut diharapkan bagi guru beserta orang tua lebih memperhatikan anaknya terutama mencakup aktivitas anak dalam menggunakan teknologi yang perkembangannya saat ini semakin pesat terutama dalam membangkitkan motivasi dan prestasi siswa melalui IPTEK.

Kata kunci : Game online. Motivasi belajar, Prestasi siswa
Pustaka : 44 Jurnal, 21 Buku, 2 Website
Halaman : 63 Halaman, 18 Tabel, 1 Gambar, 9 Lampiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keperawatan > Keperawatan Anak
Divisions: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:22
Last Modified: 01 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item
View Item