PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDERS DI SLB NEGERI 1 DAN 2 LOMBOK TIMUR

TINA AYUSTIKA, 1608MK658 (2020) PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDERS DI SLB NEGERI 1 DAN 2 LOMBOK TIMUR. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of TINA AYUSTIKA_1608MK658.pdf] Text
TINA AYUSTIKA_1608MK658.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Autisme spectrum disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan kompleks yang dapat menyebabkan masalah dalam berpikir, perasaan, berbicara dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus pada anak autisme adalah dengan kegiatan menggunting. Menggunting adalah salah satu aktivitas atau kegiatan memotong yang melibatkan dan membutuhkan koordinasi antara mata, tangan dan konsentrasi.
Tujuan: Mengetahui pengaruh kegiatan menggunting kertas terhadap peningkatan motorik halus pada anak autisme spectrum disorders di Sekolah Luar Biasa Lombok Timur.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan quasy eksperimental dengan menggunakan pendekatan pre and post test control group design. Jumlah sampel sebanyak 54 responden, yang terbagi menjadi kelompok intervensi 27 anak dan kelompok kontrol 27 anak yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan pada kelompok intervensi yaitu wilcoxon, sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan paired t test, dan perbandingan pada kedua kelompok menggunakan mann whitney.
Hasil: Peningkatan yang signifikan pada motorik halus di kelompok intervensi dengan nilai p= 0,000<0,05. Pada kelompok intervensi didapatkan nilai mean pre test sebesar 58,33 dan nilai mean pos test sebesar 79,55. Peningkatan yang signifikan pada motorik halus di kelompok kontrol dengan nilai p=0,000<0,05. Pada kelompok kontrol didapatkan nilai mean pre test sebesar 54,26 dan nilai mean post test 57,92. Ada pengaruh kegiatan menggunting kertas terhadap peningkatan motorik halus pada anak autisme spectrum disorders dengan signifikansi 0,000. Pada kelompok intervensi didapatkan nilai mean sebesar 40,93 dan pada kelompok kontrol didapatkan nilai mean sebesar 14,07.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh kegiatan menggunting kertas terhadap peningkatan motorik halus pada anak autisme spectrum disorders di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Lombok Timur.
Kata Kunci: Autisme Spectrum Disorders, Motorik Halus, Kegiatan Menggunting Kertas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keperawatan > Keperawatan Anak
Divisions: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 27 Aug 2022 05:48
Last Modified: 27 Aug 2022 05:56
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item
View Item