PENGARUH PERSEPSI MUTU PELAYANAN INTRA NATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU PASCA SALIN DI UPT PUSKESMAS PENUJAK

NURHAYATI, 1702M.b.B114 (2019) PENGARUH PERSEPSI MUTU PELAYANAN INTRA NATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU PASCA SALIN DI UPT PUSKESMAS PENUJAK. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of nurhayati_1702M.b.B114.pdf] Text
nurhayati_1702M.b.B114.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurhayati, NIM. 1702M.b.B114, Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Intra Natal Care Terhadap Kepuasan Ibu Pasca Salin di UPT Puskesmas Penujak. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bidan dan Profesi Bidan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar. Bimbingan Hj. Dian Susilawati, S.ST., M. Keb. sebagai pembimbing I, dan Ns. Sasteri Yuliyanti, S.Kep., M.Kep. sebagai pembimbing II.
Pada saat ini permasalahan pokok yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah kesehatan yang terjadi pada kelompok ibu dan anak, yang ditandai antara lain masih tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Angka Kematian Ibu di Provinsi Nusa Tenggara Barat selama tahun 2017 adalah 85 kasus. Kejadian kematian ibu terbanyak pada tahun 2017 yakni terjadi pada saat ibu bersalin sebesar 42,35 %. Tahun 2017 kematian ibu di Provinsi Nusa Tenggara Barat terbanyak tetap berada di Kabupaten Lombok Tengah dengan 27 kasus. Tingkat kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan dimensi-dimensi kualitas pelayanan seperti keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu pelayanan Intra Natal Care terhadap kepuasan ibu pasca salin. Metode penelitin ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey analitik. Populasi adalah seluruh ibu bersalin di UPT Puskesmas Penujak pada bulan Oktober sampai dengan bulan November tahun 2018. Besar sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh persepsi mutu pelayanan intra natal care tehadap kepuasan ibu pasca salin dengan hasil ρ value = 0,00. Saran bagi intitusi tempat penelitian adalah agar selalu menyediakan dan memberikan pelayanan yang tepat kepada pelanggan agar kepuasan pelanggan terpenuhi serta kematian ibu pasca melahirkan dapat dicegah.
Kata Kunci : Persepsi mutu pelayanan, kepuasan ibu pasca salin, intra natal care

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi mutu pelayanan, kepuasan ibu pasca salin, intra natal care
Subjects: Kebidanan > Persalinan
Divisions: Prodi S1 Pendidikan Bidan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:09
Last Modified: 15 Aug 2022 04:45
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item