HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN BULLYING PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA PERTIWI DESA PENUJAK KECAMATAN PRAYA BARAT

NENI NURAENI, 1702M.b.B107 (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN BULLYING PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA PERTIWI DESA PENUJAK KECAMATAN PRAYA BARAT. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of neni nuraeni_1702M.b.B107.pdf] Text
neni nuraeni_1702M.b.B107.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (723kB)

Abstract

Neni Nuraeni. 2019. Hubungan Penggunaan Gadget dengan kejadian Bullying Pada Anak Usia Prasekolah di TK Dharma Pertiwi Desa Penujak Kecamatan Praya Barat. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bidan dan Profesi Bidan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar Lombok Timur. Bimbingan Eka Mustika Yanti, S.ST,M.Psi, sebagai pembimbing I, dan Baiq Fina Farlina, M.Pd, sebagai Pembimbing II.
Era teknologi yang semakin canggih ini, orang tua menganggap bahwa gadget merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendidik anak, sehingga bukan menjadi hal yang aneh lagi apabila anak mendapat fasilitas gadget dari orang tuanya. Gadget merupakan barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan. Bullying pada anak paling sering terjadi di sekolah, tetapi belum banyak guru yang menganggap bullying sebagai masalah serius. Pada usia prasekolah, kasus bullying kurang mendapat perhatian karena dianggap hal yang wajar. Pelaku umumnya adalah orang yang paling banyak dan paling sering berinteraksi dengan anak seperti guru dan teman-teman disekolah. Penelitian menggunakan deskriptif untuk mengidentifikasi apakah ada hubungan Penggunaan gadget dengan Kejadian Bullying pada anak usia Prasekolah. Jumlah sampel anak usia pra sekolah di TK Dharma Pertiwi sebanyak 59 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung ke responden pada bulan Maret 2019. Untuk melihat hubungan menggunakan analisis uji Chi Squere. Pada penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel mempunyai hubungan bermakna secara statistik yaitu : penggunaan Gadget dengan kejadian Bullying didapatkan nilai (p=0,027). Kesimpulan, dengan penggunaan gadget yang tinggi maka tingkat kejadian bullying tidak begitu signifikan, faktor pola asuh orang tua dirumah yang selalu mengawasi dalam penggunaan gadget. Saran agar orang tua dapat mengawasi penggunaan Gadget dengan kejadian bullying anak sehingga dapat mengontrol dan pengawasan secara optimal
Kata kunci : Gadget, Bullying, Prasekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Bullying, Prasekolah
Subjects: Kebidanan > Perkembangan Anak (Balita)
Divisions: Prodi S1 Pendidikan Bidan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:25
Last Modified: 15 Aug 2022 03:38
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item
View Item