HUBUNGAN SIKAP BIDAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG NIFAS RSUD PRAYA

LILIS SURYANI, 1702M.b.B101 (2019) HUBUNGAN SIKAP BIDAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG NIFAS RSUD PRAYA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of lilis suryani_1702M.b.B101..pdf] Text
lilis suryani_1702M.b.B101..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB)

Abstract

Lilis Suryani, NIM. 1702M.b.B101, 2019, Hubungan Sikap Bidan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Nifas RSUD Praya. Skripsi. Program Studi S1 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar. Bimbingan Ns, Hariawan Junardi, M.Kep, sebagai pembimbing I, dan Eka Faizaturrahmi, S.ST.,M.Kes sebagai pembimbing II.
Bidan merupakan salah satu sumber daya yang bertugas memberikan pelayanan asuhan kebidanan dan mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan standar Pelayanan Kebidanan dalam memberikan pelayanan obstetri dan neonatal. Pelayanan kebidanan bukan hanya pengobatan secara medis saja melainkan juga berorientasi pada sikap dan komunikasi, karena sikap dan komunikasi sangat penting dan berguna bagi pasien. Suatu pelayanan dikatakan bermutu apabila pelayanan kebidanan dapat memuaskan pasien. Kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari pengukuran mutu layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap bidan dengan kepuasan pasien di Ruang Nifas RSUD Praya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian terdiri dari 57 Pasien yang berada di ruang Nifas RSUD praya dan diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara langsung kepada pasien menggunakan cheklist koesioner tentang Sikap Bidan dan penilaian Kepuasan. Data dianalisis dengan uji Chi square dengan nilai p value < 0,05.
Sikap bidan yang positif sebanyak 40 orang (87,0%), dan sikap bidan yang negatif sebanyak 6 orang (13,0%). Sedangkan kepuasan pasien menunjukkan bahwa yaitu kategori puas dengan sikap bidan positif sebanyak 35 orang (76,1%) dan kepuasan pasien yaitu kategori puas dengan sikap bidan negatif sebanyak 1 orang (2,2%) sedangkan kepuasan pasien yaitu kategori tidak puas dengan sikap bidan positif sebanyak 5 orang (10,9%) dan kepuasan pasien yaitu kategori puas dengan sikap bidan negatif sebanyak 5 orang (10,9%). Berdasakan hasil uji statistik menggunakan Person Chi Square menunjukan nilai p value menunjukan nilai 0,001. (p value < 0,05).Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap bidan dengan kepuasan pasien di Ruang Nifas RSUD Praya.
Kata Kunci: Sikap bidan, Kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap bidan, Kepuasan pasien
Subjects: Kebidanan > Etika Kebidanan
Divisions: Prodi S1 Pendidikan Bidan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:29
Last Modified: 11 Aug 2022 14:56
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item
View Item