FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RUANG BERSALIN PUSKESMAS RENSING

BAIQ MERY SHINTANA, 113421172 (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RUANG BERSALIN PUSKESMAS RENSING. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (400kB)
[thumbnail of BAIQ MERY SHINTANA 113421172.pdf] Text
BAIQ MERY SHINTANA 113421172.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Menurut data jumlah pengguna BPJS Kesehatan yang melahirkan di Puskesmas Rensing pada tahun 2020 sebanyak 295 orang, tahun 2021 sebanyak 250 orang, dan dari bulan Januari sampai bulan Oktober tahun 2022 ini sebanyak 210 orang. Terdapat penurunan jumlah kunjungan Ibu bersalin di Puskesmas Rensing pada dua tahun terakhir Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu bersalin pengguna BPJS Kesehatan di Ruang Bersalin Puskesmas Rensing Tahun 2022
Metode : Penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan rancangan survey analitik. Populasinya adalah semua ibu bersalin pengguna BPJS kesehatan di Ruang Bersalin Puskesmas Rensing dari bulan Januari sampai dengan Oktober tahun 2022 sebanyak 205 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 67 orang. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan uji chi square
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kehandalan (p value = 0,000), daya tanggap (p vlaue = 0,000), jaminan (p vlaue = 0,000), faktor fisik (p value = 0,003) dan perhatian (p value = 0,000) dengan kepuasan ibu bersalin pengguna BPJS Kesehatan di Ruang Bersalin Puskesmas Rensing Tahun 2022.
Simpulan : Kualitas pelayanan kesehatan erat kaitannya dengan tingkat kepuasan pasien. Semakin baik kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan, maka tingkat kepuasan pasien akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kebidanan > Persalinan
Divisions: Prodi S1 Pendidikan Bidan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:31
Last Modified: 16 Jun 2023 01:31
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item
View Item