PENGARUH EDUKASI TENTANG DAMPAK BURUK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENGETAHUAN IBU ANAK USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KERONGKONG

HILMIYANI, 113118011 (2022) PENGARUH EDUKASI TENTANG DAMPAK BURUK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENGETAHUAN IBU ANAK USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KERONGKONG. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of HILMIYANI_113118011.pdf] Text
HILMIYANI_113118011.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Indonesia merupakan negara berkembang dengan populasi penduduk yang sangat tinggi dengan perekonomian yang mendukung sehingga kebutuhan dan daya beli terus meningkat termasuk kebutuhan akan teknologi baru, terutama teknologi komunikasi yaitu gadget. Sekarang ini pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja, tetapi hampir semua kalangan termasuk anak dan balita sudah memanfaatkan gadget dalam aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Dampak negatif pada penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia 1-3 tahun antara lain ialah perkembangan kognitif anak terhambat yang terkait dengan bagaimana anak mengamati, mempelajari, memperhatikan, membayangkan, menilai dan memikirkan lingkungannya akan terhambat.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh edukasi tentang dampak buruk penggunaan gadget terhadap pengetahuan ibu anak usia 1-3 tahun di wilayah kerja Puskesmas Kerongkong.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-experimental dengan rancangan The one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah ibu dengan usia anak 1-3 tahun di desa Tebaban yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 28 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa yang digunakan yaitu Uji Wilcoxon.
Hasil : Didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata pengetahuan ibu tentang dampak buruk penggunaan gadget sebelum diberikan edukasi sebesar 51.07, nilai tengah sebesar 50.00, nilai minimum sebesar 40 dan nilai maksimum sebesar 60. Sedangkan nilai rata-rata pengetahuan ibu tentang dampak buruk penggunaan gadget setelah diberikan edukasi sebesar 82.32, nilai tengah sebesar 85.00, nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 100. Hasil uji statistiknya di dapatkan p value = 0,000 dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa p lebih kecil dari nilai taraf signifikan (p < 0,05), dengan demikian maka Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh edukasi tentang dampak buruknya penggunaan gadget terhadap pengetahuan ibu anak usia 1-3 tahun di wilayah Kerja Puskesmas Kerongkong.
Simpulan : Ada pengaruh edukasi tentang dampak buruknya penggunaan gadget terhadap pengetahuan ibu anak usia 1-3 tahun di wilayah Kerja Puskesmas Kerongkong.

Kata Kunci : Dampak Buruk Gadget, Pengetahuan, ibu anak usia 1-3 tahun, Edukasi, Media Leaflet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keperawatan > Keperawatan Anak
Divisions: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:43
Last Modified: 01 Nov 2022 06:43
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item