HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BIDAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BERSALIN DI PUSKESMAS SAMBELIA

INENE GUGU Q. RIA, 1601M.b.B011 (2018) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BIDAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BERSALIN DI PUSKESMAS SAMBELIA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of inene gugu q. ria_1601M.b.B011..pdf] Text
inene gugu q. ria_1601M.b.B011..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

Gugu, I.Q.R. 2018. Hubungan Mutu Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Bersalin di Puskesmas Sambelia. Skripsi. Program Studi S1 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar. Bimbingan Baiq Disnalia, SST., M.Kes. sebagai pembimbing I, dan Eka Mustika Yanti, SST., M.Psi. sebagai pembimbing II.
Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Menanggapi masalah akses dan mutu pelayanan kesehatan terkait peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan baik ditingkat primer maupun rujukan. Upaya meningkatkan askes dan mutu pelayanan ditingkat primer melalui pembangunan Puskesmas dan peningkatan sarana, prasarana dan alat Puskesmas yang ada sehingga mampu menjadi Puskesmas rawat inap. Puskesmas Sambelia memiliki satu ruang bersalin dengan kapasitas satu orang ibu bersalin saja. Survey kepuasan pasien di Puskesmas Sambelia tidak dilakukan secara berkala. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik accidental sampling, yaitu sampel diambil dari responden atau kasus yang kebetulan ada disuatu tempat atau keadaan tertentu. Jumlah sampelnya adalah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien bersalin dengan nila p-value 0,003 yang dibandingkan dengan nilai alpha (p < 0,05). Kesimpulan penelitian ini adanya hubungan mutu pelayanan kesehatan (reliability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness) dengan kepuasan pasien bersalin di Puskesmas Sambelia. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di ruang bersalin Puskesmas Sambelia serta melakukan survey kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan untuk menilai kinerja pelayanan kesehatan dan mutu pelayanan.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien
Subjects: Kebidanan > Etika Kebidanan
Divisions: Prodi S1 Pendidikan Bidan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:07
Last Modified: 11 Aug 2022 11:33
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item
View Item