HUBUNGAN METODE BELAJAR DARING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMPN 3 PRINGGABAYA

IRMA SRI WAHYUNI, 1709MK695 (2021) HUBUNGAN METODE BELAJAR DARING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMPN 3 PRINGGABAYA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR.

[thumbnail of IRMA SRI WAHYUNI_1709MK695.pdf] Text
IRMA SRI WAHYUNI_1709MK695.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah selama Darurat Bencana (Covid-19). Tidak terkecuali untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah juga melakukan proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Perkembangan sosial siswa pada masa pandemi Covid-19 sedikit terhambat karena diberlakukannya PSBB secara menyeluruh pada semua kalangan termasuk pelajar.
Tujuan: Tujuanpenelitian iniuntuk mengetahuihubungan metode belajar daring terhadap perkembangan sosial siswa kelas VIII SMPN 3 Pringgabaya.
Metode:Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitikdengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII A-VIII HSMPN 3 Pringgabaya, yang berjumlah 248 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling yaitu sebanyak 153 sampel. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan yaitu spearman rank.
Hasil:Hal ini dilihat dari hasil penelitian jumlah tingkat kehadiran siswa dengan kategori baik sebanyak 148 siswa (97%) dan kehadiran rendah berjumlah 5 siswa. Diketahui bahwa yang mengalami perkembangan sosial sangat baik dengan jumlah 116 siswa (75,8%), perkembangan sosial baik sebanyak 33 siswa (21,6%), perkembangan sosial cukup dengan jumlah 2 siswa (1,3%) dan yang mengalami perkembangan sosial kurang baik dengan jumlah 2 siswa (1,3%). Berdasarkan uji analisis didapatkan hasil p-value 0,071 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dengan demikian maka Ho diterima, yang artinya tidak ada hubungan metode belajar daring terhadap perkembangan sosial siswa kelas VIII di SMPN 3 Pringgabaya.
Simpulan: Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan metode belajar daring terhadap perkembangan sosial siswa kelas VIIISMPN 3 Pringgabaya.
Saran:Diharapkandi waktu mendatang jika harus diberlakukan kembali sistem pembelajaran daring maka diharapkan pihak sekolah dapat merencanakan sistem pembelajaran daring yang lebih efektif lagi.
Kata Kunci:
Daring, perkembangan sosial,Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keperawatan > Keperawatan Anak
Divisions: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.IP. Abdul Mutaal Hakim
Date Deposited: 27 Aug 2022 06:21
Last Modified: 27 Aug 2022 06:21
URI: http://eprints.stikeshamzar.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item
View Item